Apa Itu Pengawetan Kayu?

Pengawetan kayu merupakan tindakan pencegahan (preventif) yang berperan untuk meminimalkan atau meniadakan kemungkinan kecatatan yang disebabkan oleh OPK, bukan pengobatan (curative). OPK adalah organisme perusak kayu seperti bakteri, jamur pewarna dan buluk, jamur pelapuk, jampur pelunak, rayap kayu kering, rayap tanah, bubuk kayu kering, dan binatang laut penggerek kayu (Wilkinson, 1979). Baca Juga: Pengolahan dan Bahaya Limbah Tekstil 

Pengawetan ini bertujuan untuk pengendalian kualitas yang mencakup kualitas bahan baku danproduk serta memperpanjang umur pakai kayu. Biasanya, penggunaan pengawet kayu mengacu pada penggunan pestisida (bahan kimia pengawet) yang dimasukkan ke dalam kayu. 

Pengawetan Kayu – PT Wastec International

Manfaat 

Dengan menjalankan proses ini dengan tepat dan baik, beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Memperbesar volume ketersediaan kayu dari jenis kayu yang sudah dikenal, jenis kayu yang kurang atau tidak dikenal
  • Menjadikan kayu yang dapat digunakan dengan baik, sehingga penggunaan sumber daya alam nya lebih efisien
  • Mengurangi frekuensi penggantian kayu untuk penghematan 
  • Meningkatkan kepercayaan dan reputasi kualitas produk yang dihasilkan

Limbah yang Dihasilkan

Disamping adanya manfaat pengawetan kayu, kegiatan ini juga menciptakan timbulan limbah yang berbahaya. Limbah yang dihasilkan ini apabila tidak dikelola dengan baik, maka akan merusak dan mengancam kelestarian lingkungan. Baca Juga: Standar Baku Mutu Air Kegiatan Laboratorium

Limbah yang dihasilkan adalah sebagai berikut:

  • Sludge dari proses pengawetan kayu dan fasilitas penyimpanan dengan kode limbah A308-1 
  • Sludge dari alat-alat pengolahan atau pengawetan kayu dengan kode limbah A308-2 
  • Bahan atau produk yang tidak memenuhi spesifikasi teknis dan produk left-over dengan kode limbah B308-1 
  • Sludge dari IPAL dengan kode limbah B308-2 

Kelola Limbah B3 Secara Profesional Bersama Wastec International 

Wastec International melayani pengelolaan limbah B3 dari berbagai industri dan menyediakan jasa pengangkutan, pengolahan dan pengumpulan untuk berbagai limbah B3 industri dan dapat mengolah hampir semua fase jenis limbah, mulai dari fase solid, liquid, dan sludge. 

Wastec International berpengalaman lebih dari 15 tahun dalam bidang penyedia jasa pengolahan limbah B3 di Indonesia dan telah melayani ribuan perusahaan multinasional, korporasi, pemerintahan, hingga layanan kesehatan. Dengan fasilitas pengolahan limbah yang lengkap, Wastec International membantu mewujudkan Indonesia yang bersih dan sehat.

Tantangan Industri Laundry

Dengan peningkatan kepadatan populasi dan gaya hidup, industri laundry telah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang. Namun seiring dengan pertumbuhannya, ada dampak negatif yang dapat mengancam lingkungan, yaitu limbah yang dihasilkan. Baca Juga: PLTU dan Limbah B3 yang Dihasilkan

Perkembangan industri laundry baik yang dilakukan oleh usaha mikro dan makro menghasilkan sejumlah limbah yang dapat merusak lingkungan. Apabila penanganan dari proses yang dilakukan tidak tepat, maka limbah-limbah dari industri laundry dapat mengancam lingkungan. 

Industri Laundry – PT Wastec International

Limbah yang Dihasilkan

Limbah ini berasal dari berbagai sumber, mulai dari air yang digunakan dalam proses pencucian hingga deterjen dan bahan kimia lainnya yang digunakan untuk membersihkan pakaian. Baca Juga: Metalurgi dan Limbah B3 yang Dihasilkan

Limbah yang dihasilkan antara lain:

  • Larutan kaustik bekas dengan kode limbah A346 
  • Sludge dari proses cleaning dan degreasing dengan kode limbah B346-1 

Dampak yang Ditimbulkan dari Industri Laundry

Bahan kimia seperti fosfat, surfaktan, dan zat pewarna sering digunakan dalam deterjen dan proses pencucian.  Ketika limbah dibuang ke saluran pembuangan, maka dapat mencemari air tanah dan mengganggu ekosistem perairan. Contohnya Fosfat, memicu pertumbuhan alga yang berlebihan di perairan, menyebabkan eutrofikasi dan merusak keseimbangan ekosistem air.

Selain limbah cair, ada juga limbah padat dalam bentuk pakaian yang tidak lagi digunakan. Beberapa pakaian yang sudah tidak dipakai lagi akan berakhir di TPS dan dapat memicu penumpukkan sampah dan kerusakan lingkungan lainnya.

Upaya Mengurangi Dampak Negatif

Meskipun industri laundry memiliki dampak lingkungan yang signifikan, ada upaya yang dapat diambil untuk mengurangi dampak negatifnya. Seperti:

  • Mengadopsi teknologi dan praktik yang lebih ramah lingkungan

Beberapa laundry modern telah beralih ke penggunaan deterjen berbasis tanaman yang lebih ramah lingkungan dan memanfaatkan teknologi pencucian yang lebih efisien dalam penggunaan air dan energi.

  • Menerapkan konsep daur ulang 

Pakaian yang tidak lagi digunakan dapat didaur ulang dan dimanfaatkan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Ini dapat mengurangi limbah padat dan membantu mengurangi tekanan pada lahan pembuangan sampah.

Solusi Pengelolaan Limbah dengan Wastec International 

Wastec International memiliki tim yang berpengalaman dalam menyediakan jasa pengelolaan limbah dan pelayanan lingkungan yang sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku. Sehingga pengelolaan limbah dapat ditangani dengan aman dari segi kesehatan dan pencemaran lingkungan dapat teratasi.

Selain itu juga, Wastec International sangat berkomitmen untuk mengembangkan strategi dan terus berinovasi untuk terus fokus pada metode pencegahan limbah dan meminimalkan dampak lingkungan bagi generasi mendatang. Serta mengelola bisnis dengan cara bertanggung jawab secara sosial dan terus mendorong inisiatif peningkatan internal untuk memberi manfaat bagi masyarakat luas. Mari kelola limbah dengan baik bersama Wastec International.

Keterkaitan Perubahan Iklim dan Kualitas Air

Perubahan iklim telah mengancam sumber air bersih kita, dan dampaknya akan semakin serius jika tidak ada tindakan yang diambil. Kualitas air yang baik merupakan hak asasi manusia, termasuk sebagai salah satu hal krusial bagi kesejahteraan manusia dan kelangsungan ekosistem. Namun, pemanasan global, polusi, dan perubahan cuaca ekstrem semakin mengancam kualitas dan ketersediaan air bersih. Baca Juga: Bahaya Air Limbah Industri

Perubahan Iklim – PT Wastec International

Hubungan Antara Perubahan Iklim dan Kualitas Air

  1. Pencemaran Air yang Diperparah oleh Banjir

Banjir yang terjadi akibat hujan deras atau curah salju yang lebat dapat mengangkut polutan dari permukaan tanah ke sumber air. Polutan tersebut dapat mencakup limbah industri, pertanian, dan domestik yang dapat mencemari air sungai dan danau. 

  1. Perubahan Temperatur dan Kualitas Air

Suhu yang lebih tinggi dapat menjadi penyebab peningkatan pertumbuhan alga beracun, meracuni air, dan mengancam kehidupan akuatik. 

  1. Kekeringan dan Penurunan Sumber Air Bersih

Dapat menyebabkan kekeringan dan mengancam ketersediaan sumber air bersih. 

Mengatasi Tantangan Kualitas Air di Era Perubahan Iklim

  1. Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca: 

Upaya mengurangi pemanasan global dapat mengurangi dampak perubahan iklim siklus air dan kualitas air.

  1. Manajemen Air yang Efisien

Manajemen air yang efisien dapat membantu mengurangi tekanan pada sumber air bersih.

  1. Pengendalian Polusi

Pengendalian lebih ketat terhadap limbah industri dan pertanian dapat membantu menjaga kualitas air yang baik.

  1. Pelestarian Ekosistem Air

Melindungi hutan hujan, lahan basah, dan ekosistem perairan menjadi salah satu kunci menjaga kualitas air yang baik.

  1. Adaptasi Terhadap Perubahan Iklim

Adaptasi mengembangkan infrastruktur dan teknologi yang efisien dan efektif dapat membantu dan mengelola sumber air bersih.

Solusi Pengelolaan Limbah dengan Wastec International 

Wastec International memiliki tim yang berpengalaman dalam menyediakan jasa pengelolaan limbah dan pelayanan lingkungan yang sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku. Sehingga pengelolaan limbah dapat ditangani dengan aman dari segi kesehatan dan pencemaran lingkungan dapat teratasi. Baca Juga: Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Hidup

Selain itu juga, Wastec International sangat berkomitmen untuk mengembangkan strategi dan terus berinovasi untuk terus fokus pada metode pencegahan limbah dan meminimalkan dampak lingkungan bagi generasi mendatang. Serta mengelola bisnis dengan cara bertanggung jawab secara sosial dan terus mendorong inisiatif peningkatan internal untuk memberi manfaat bagi masyarakat luas. Mari kelola limbah dengan baik bersama Wastec International.

Kondisi Terkini Akibat Global Warming

Data terbaru mengenai global warming menunjukkan tren yang mengkhawatirkan. Rata-rata suhu bumi kini terus meningkat secara signifikan. Dampaknya pun sudah dapat dilihat secara nyata, seperti pencairan es di kutub utara dan selatan, intensitas dan frekuensi cuaca ekstrem meliputi banjir, kebakaran hutan, dan kekeringan. Baca Juga: Mengenal Emisi Karbon

Global Warming – PT Wastec International

Dampak Negatif Global Warming

Global warming memiliki dampak yang meluas dan serius pada lingkungan dan kehidupan manusia. Berikut dampak negatif yang dapat kita rasakan saat ini

1. Gangguan pada Ekosistem:

Perubahan suhu yang cepat dan cuaca ekstrem dapat mengganggu ekosistem, akibatnya spesies-spesies tertentu menjadi terancam punah karena kesulitan beradaptasi.

2. Kekeringan dan Kelaparan

Peningkatan suhu dan perubahan pola hujan dapat menjadi penyebab kekeringan dan penurunan produksi pertanian. Sehingga dapat menyebabkan kelaparan dan ketidakstabilan pangan.

3. Cuaca Ekstrem

Salah satu dampak yang bisa kita rasakan secara nyata saat ini adalah cuaca ekstrem. Global warming meningkatkan intensitas dan frekuensi seperti badai, topan, dan banjir. Hal ini dapat menjadi kerugian berbagai sektor kehidupan tak terkecuali ekonomi dan kesehatan.

4. Kesehatan Manusia 

Peningkatan suhu juga dapat berdampak pada kesehatan manusia, seperti peningkatan penyakit menular.  

5. Kesehatan Manusia

Peningkatan suhu juga dapat berdampak pada kesehatan manusia, seperti meningkatnya risiko penyakit menular yang ditularkan oleh vektor (seperti malaria) akibat panas ekstrem.

Upaya Mengatasi Global Warming

1. Pengembangan Energi Terbarukan

Investasi dalam teknologi energi terbarukan dan pengurangan ketergantungan pada bahan bakar fosil adalah langkah penting dalam mengurangi emisi karbon.

2. Efisiensi Energi

Peningkatan efisiensi dalam berbagai sektor, mulai dari transportasi hingga bangunan, dapat membantu mengurangi konsumsi energi dan emisi gas rumah kaca.

3. Peningkatan Transportasi Ramah Lingkungan

Salah satu langkah positif adalah upaya pengembangan transportasi ramah lingkungan seperti dan sistem transportasi publik yang efisien.

4. Pelestarian Hutan

Hutan berfungsi sebagai penyerap karbon alami. Pelestarian hutan dan penghentian deforestasi adalah cara penting untuk mengurangi emisi.

5. Kesadaran dan Tindakan Individu

Segala upaya akan sia-sia jika masing masing individu belum memiliki kesadaran akan penting nya menjaga lingkungan dan aware terhadap isu-isu yang ada. Pada akhirnya, tindakan individu ini yang juga mempengaruhi upaya yang dilakukan.

Tentang Wastec International

Wastec International adalah perusahaan terkemuka di bidang penyedia jasa pengolahan limbah lingkungan yang berbahaya di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2004, Wastec International telah memiliki fasilitas pengolahan limbah di Banten dan Semarang. Setiap fasilitas telah dilengkapi teknologi canggih untuk mengolah berbagai jenis limbah B3 dan limbah medis. Baca Juga: Pentingnya Green Hospital

Wastec International juga mengedepankan layanan sebagai berikut:

  1. Hazardous Waste Disposal
  2. Waste Transport
  3. Waste Water Treatment
  4. Drilling Waste Management
  5. Oil Clean Up & Recovery
  6. Environmental Engineering
  7. On Site Services

Kelola limbah secara profesional dengan layanan yang lengkap bersama Wastec International.

Pengertian

Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau PLTU merupakan pembangkit listrik yang menggunakan uap panas untuk mengaktifkan turbin. Bahan bakar yang digunakan dapat berupa batu bara dan minyak bakar. Baca Juga: Metalurgi dan Limbah B3 yang Dihasilkan

Konversi energi pada PLTU yaitu:

  1. Energi kimia yang ada di dalam bahan bakar diubah menjadi energi panas berbentuk uap bertekanan dan suhu yang tinggi
  2. Uap panas tersebut diubah menjadi energi mekanik dalam bentuk putaran
  3. Energi mekanik diubah menjadi energi listrik
PLTU – PT Wastec International

Alat yang Digunakan

Sedangkan alat yang digunakan pada proses konversi energi pada PLTU ini adalah sebagai berikut:

  1. Boiler: Mengubah air menjadi uap panas yang akan digunakan untuk memutar turbin
  2. Turbin: Mengkonversi energi panas yang berada di uap menjadi energi mekanik/putar
  3. Kondensor: Mengkondensasikan uap yang telah digunakan untuk memutar turbin
  4. Generator: Mengubah energi mekanik menjadi energi listrik

Manfaat PLTU

PLTU memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  1. Sumber energi utama saat ini
  2. Menghasilkan energi yang efisien
  3. Menyediakan energi listrik yang stabil

Kelebihan dan Kekurangan PLTU

Kelebihan dari PLTU adalah sebagai berikut:

  1. Biaya bahan bakar yang rendah
  2. Usia pemakaian yang panjang
  3. Dapat beroperasi 24 jam
  4. Teknologi yang sudah teruji
  5. Sifat batu bara yang mudah terbakar sehingga cepat menghasilkan energi panas

Sedangkan kelemahannya adalah sebagai berikut:

  1. Biaya investasi awal yang tinggi
  2. Lokasi yang tidak fleksibel
  3. Menghasilkan emisi karbon yang tinggi (efek rumah kaca)
  4. Menghasilkan zat berbahaya bagi Kesehatan

Limbah B3 dari PLTU

Tak dapat dipungkiri bahwa proses yang ada di dalam PLTU dapat menghasilkan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), yaitu sludge IPAL dengan kode limbah B333-3. Oleh karena itu pengelolaan harus dilakukan secara tepat dan bertanggung jawab. Baca Juga: Pertambangan dan Limbah yang Dihasilkan

Kelola Limbah B3 Secara Profesional Bersama Wastec International 

Wastec International melayani pengelolaan limbah B3 dari berbagai industri dan menyediakan jasa pengangkutan, pengolahan dan pengumpulan untuk berbagai limbah B3 industri dan dapat mengolah hampir semua fase jenis limbah, mulai dari fase solid, liquid, dan sludge. 

Wastec International berpengalaman lebih dari 15 tahun dalam bidang penyedia jasa pengolahan limbah B3 di Indonesia dan telah melayani ribuan perusahaan multinasional, korporasi, pemerintahan, hingga layanan kesehatan. Dengan fasilitas pengolahan limbah yang lengkap, Wastec International membantu mewujudkan Indonesia yang bersih dan sehat.

Pengertian

Metalurgi atau pemurnian logam adalah sebuah teknik untuk mengolah dan merekayasa mineral serta logam. Teknik metalurgi terbagi menjadi 2 (dua), diantaranya:

  1. Metalurgi besi-baja: Mengolah unsur besi dan membuat logam berunsur dasar besi
  2. Metalurgi bukan besi-baja: Mengolah logam berunsur dasar logam selain besi
Proses Metalurgi – PT Wastec International

Penerapan Metalurgi

Metalurgi diterapkan pada beberapa proses pemurnian logam, diantaranya:

  1. Pengolahan mineral atau mineral dressing: Meningkatkan kadar logam berharga dengan cara membuang bagian dari bijih yang tidak diinginkan
  2. Ekstraksi logam dari konsentrat mineral atau metalurgi ekstraksi: Memisahkan logam berharga dalam konsentrak dari material pengotor lain
  3. Rekayasa sifat fisik logam atau metalurgi fisik
  4. Proses produksi logam atau metalurgi mekanik

Tahapan Proses

Tahapan proses secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Penambangan
  2. Pemekatan bijih atau kesiapan untuk pengolahan lebih lanjut
  3. Reduksi bijih untuk memperoleh logam bebas
  4. Pemurnian logam
  5. Pencampuran logam

Sedangkan berdasarkan prosesnya terbagi menjadi 3 (tiga), antara lain:

Pirometalurgi

Proses ini menggunakan suhu tinggi atau panas untuk mengubah atau mereduksi mineral melalui 3 tahapan, yaitu:

  • Kalsinasi: Dekomposisi termal suatu padatan
  • Pemanggangan: Proses termal yang menyebabkan reaksi kimia bijih dan temperatur tanur
  • Peleburan: Material yang terbentuk dalam reaksi kimia terpisah menjadi dua atau lebih lapisan

Hidrometalurgi

Proses ini adalah mengekstraksi bijih logam dengan menggunakan air. Tahapan paling penting dalam proses ini adalah peluluhan atau leaching, yaitu melarutkan senyawa yang mengandung logam secara selektif. Larutan air yang digunakan sebagai peluluh umumnya adalah asam, basa dan garam. Tahapan selanjutnya yaitu proses pemekatan bijih logam berkadar rendah atau sianidasi. Baca Juga: Bagaimana Proses Peleburan Aluminium?

Elektrometalurgi

Proses untuk mereduksi bijih logam berdasarkan pada elektrolisis utnuk memperoleh logam yang lebih aktif seperti natrium, magnesium dan aluminium. Baca Juga: Pertambangan dan Limbah yang Dihasilkan

Proses Metalurgi Menghasilkan Limbah B3

Dalam prosesnya, berikut ini beberapa limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang dihasilkan:

  1. B316-5: Sludge IPAL
  2. A316-1: Sludge dari oil treatment atau fasilitas penyimpanan
  3. B316-4: Sludge dan filter cakes dari gas treatment

Kelola Limbah B3 Secara Profesional Bersama Wastec International 

Wastec International melayani pengelolaan limbah B3 dari berbagai industri dan menyediakan jasa pengangkutan, pengolahan dan pengumpulan untuk berbagai limbah B3 industri dan dapat mengolah hampir semua fase jenis limbah, mulai dari fase solid, liquid, dan sludge. 

Wastec International berpengalaman lebih dari 15 tahun dalam bidang penyedia jasa pengolahan limbah B3 di Indonesia dan telah melayani ribuan perusahaan multinasional, korporasi, pemerintahan, hingga layanan kesehatan. Dengan fasilitas pengolahan limbah yang lengkap, Wastec International membantu mewujudkan Indonesia yang bersih dan sehat.

Definisi Pertambangan 

Pertambangan adalah suatu kegiatan pengambilan endapan bahan galian berharga dan bernilai ekonomis dari dalam kulit bumi. Proses ini dilakukan secara mekanis maupun manual, pada permukaan bumi, di bawah permukaan bumi dan di bawah permukaan air. Baca Juga: Pengelolaan Limbah Fasyankes

Hasil kegiatan ini antara lain:

  1. Minyak dan gas bumi
  2. Batubara
  3. Pasir besi
  4. Bijih timah
  5. Bijih nikel
  6. Bijih bauksit
  7. Bijih tembaga
  8. Bijih emas
  9. Perak
  10. Bijih mangan
Pertambangan – PT Wastec International

Tahap Kegiatan Pertambangan 

Secara umum tahap pertambangan adalah sebagai berikut:

  1. Prospeksi 

Prospeksi merupakan kegiatan penyelidikan dan pencarian endapan bahan galian atau mineral berharga. 

  1. Eksplorasi 

Eksplorasi merupakan kegiatan lanjutan yang meliputi pekerjaan untuk mengetahui ukuran, bentuk, posisi, kadar rata-rata dan besarnya cadangan, dan juga studi kelayakan dari endapan bahan galian atau mineral berharga yang telah ditemukan. 

  1. Eksploitasi

Eksploitasi merupakan kegiatan penambangan yang meliputi pengambilan dan pengangkutan endapan bahan galian atau mineral berharga sampai ke tempat penimbunan dan pengolahan atau pencucian, beberapa sampai ke tempat pemasaran. 

  1. Pengolahan / Pemurnian / Pengilangan 

Pengolahan atau pemurnian merupakan kegiatan memurnikan atau meninggikan kadar bahan galian dengan memisahkan mineral berharga dan tidak berharga. Kemudian membuang mineral tidak berharga yang dapat dilakukan secara kimia. 

Limbah Pertambangan 

Pertambangan menghasilkan beberapa limbah bahan berbahaya dan beracun seperti berikut ini:

  • Spent process solution (CN) dengan kode limbah A331-1 
  • Sludge dari oil treatment atau fasilitas penyimpanan dengan kode limbah A331-2 
  • Sludge dan filter cakes dari gas treatment dengan kode limbah B332-1

Kelola Limbah B3 Secara Profesional Bersama Wastec International 

Wastec International melayani pengelolaan limbah B3 dari berbagai industri dan menyediakan jasa pengangkutan, pengolahan dan pengumpulan untuk berbagai limbah B3 industri dan dapat mengolah hampir semua fase jenis limbah, mulai dari fase solid, liquid, dan sludge. Baca Juga: Standar Baku Mutu Air Kegiatan Laboratorium

Wastec International berpengalaman lebih dari 15 tahun dalam bidang penyedia jasa pengolahan limbah B3 di Indonesia dan telah melayani ribuan perusahaan multinasional, korporasi, pemerintahan, hingga layanan kesehatan. Dengan fasilitas pengolahan limbah yang lengkap, Wastec International membantu mewujudkan Indonesia yang bersih dan sehat.

Acara Festival LIKE

PT Wastec International menghadiri acara festival LIKE yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK). Acara ini merupakan rangakain acara menuju COP 28 UAE yang akan diselenggarakan pada 30 November – 12 Desember mendatang. Festival LIKE merupakan singkatan dari Lingkungan, Iklim, Kehutanan, dan Energi Terbarukan. 

Acara festival ini diselenggarakan selama tiga hari yang meliputi banyak kegiatan, seperti talkshow dan pameran dengan tema lingkungan. Kemudian di hari ketiga yaitu pada tanggal 18 September menjadi penutup yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo beserta jajaran menteri lainnya. 

Activity Report

PT Wastec International berkesempatan untuk mengadakan game pada booth edugame dan membuat quiz pertanyaan yang relevan dengan limbah dan lingkungan. Quiz ini menarik perhatian dan antusiasme pengunjung. Sebelum mengikuti game, peserta wajib scan barcode agar bisa mengikuti quiz. Dengan 10 pertanyaan seputar limbah dan lingkungan, ditambah durasi waktu yang terbatas untuk menjawab soalnya membuat quiz lebih menantang.

Quiz dibagi menjadi dua part, part pertama dan kedua sama-sama dipilih 5 pemenang dengan skor tertinggi. Masing-masing dari 5 pemenang tersebut kemudian mendapatkan hadiah. 

Tentang Wastec International

Wastec International adalah perusahaan terkemuka di bidang penyedia jasa pengolahan limbah lingkungan yang berbahaya di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2004 dan telah memiliki fasilitas pengolahan limbah di Banten dan Semarang. Setiap fasilitas telah dilengkapi teknologi canggih untuk mengolah berbagai jenis limbah B3 dan limbah medis.

Layanan yang dimiliki adalah sebagai berikut:

  1. Hazardous Waste Disposal
  2. Waste Transport
  3. Waste Water Treatment
  4. Drilling Waste Management
  5. Oil Clean Up & Recovery
  6. Environmental Engineering
  7. On Site Services

Kelola limbah secara profesional dengan layanan yang lengkap bersama Wastec International.

Membakar sampah menjadi concern yang perlu diperhatikan oleh banyak orang. Tidak hanya pemerintah yang perlu mengambil langkah, masyarakat juga harus bertindak untuk menghentikan kegiatan ini. Umumnya membakar sampah dinilai sebagai salah satu opsi paling mudah dan cepat untuk memusnahkan sampah, namun ternyata dampaknya sangat berbahaya. Baca Juga: Pengolahan dan Bahaya Limbah Tekstil

Bahaya Membakar Sampah – PT Wastec International

Kandungan Zat Berbahaya pada Asap Hasil Pembakaran Sampah

Biasanya sampah organik dan anorganik dicampur begitu saja ketika membakar sampah. Padahal dua jenis sampah ini memiliki zat berbahaya ketika dibakar. Menurut U.S Environmental Protection Agency, karbon monoksida dan formaldehida menjadi dua zat utama dari hasil pembakaran yang memicu penyakit pernapasan. Kemudian 10% dari polutan asap pembakaran sampah mengandung merkuri, 29% mengandung partikel logam berat, dan 40% mengandung hidrokarbon aromatik polisiklik (PHA). Baca Juga: Bahaya Limbah B3 Bagi Kesehatan

Selain itu, kandungan bahan kimia yang membahayakan kesehatan, seperti:

  1. Hidrogen klorida 
  2. Hidrogen sianida 
  3. Benzena 
  4. Stiren 
  5. Arsen 
  6. Timbal 
  7. Kromium 
  8. Dioksin
  9. Furan
  10. Benzo(a)pirena 

Bahaya Membakar Sampah bagi Kesehatan

  1. Gangguan Pernapasan 

Gangguan pernapasan menjadi dampak yang paling umum terjadi. Asap dari pembakaran sampah dapat mencemari lingkungan sekitar. Bahayanya, jika asap tersebut terhirup maka zat-zat kandungan berbahaya di dalamnya otomatis ikut terhirup. 

Dampak langsung yang dirasakan biasanya batuk, sesak napas, dan hidung perih. Sementara jangka panjang, dapat menyebabkan infeksi paru-paru, bronkitis, dan lainnya. 

  1. Iritasi 

Dampak membakar sampah selanjutnya yaitu iritasi. Partikel-partikel kecil di dalam asap yang pekat dapat menyebabkan mata perih, merah, bahkan iritasi. Selain pada mata, iritasi juga dapat terjadi pada mulut, hidung, dan tenggorokan. 

  1. Kanker 

Dampak dari membakar sampah dalam jangka panjang dapat memicu perkembangan jenis kanker tertentu. Seperti kandungan BAP dan PAHs yang sudah terbukti dapat memicu kanker. 

  1. Kerusakan Kulit 

Kulit juga merupakan bagian tubuh yang terekspos langsung oleh asap. Paparan zat berbahaya dapat menyebabkan lesi kulit, yaitu kondisi pertumbuhan abnormal permukaan kulit. Salah satu contohnya adalah chloracne dan penggelapan warna kulit yang tidak merata. 

Tentang Wastec International

Wastec International adalah perusahaan terkemuka di bidang penyedia jasa pengolahan limbah lingkungan yang berbahaya di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2004, Wastec International telah memiliki fasilitas pengolahan limbah di Banten dan Semarang. Setiap fasilitas telah dilengkapi teknologi canggih untuk mengolah berbagai jenis limbah B3 dan limbah medis.

Wastec International juga mengedepankan layanan sebagai berikut:

  1. Hazardous Waste Disposal
  2. Waste Transport
  3. Waste Water Treatment
  4. Drilling Waste Management
  5. Oil Clean Up & Recovery
  6. Environmental Engineering
  7. On Site Services

Kelola limbah secara profesional dengan layanan yang lengkap bersama Wastec International.