Kandungan Berbahaya Limbah Medis

Pengertian Limbah Medis

Menurut Permenkes No 18 Tahun 2020, Limbah Medis adalah hasil buangan dari aktifitas pelayanan kesehatan seperti suatu alat dan tempat menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan/atau masyarakat.

Sejak masa pandemi covid-19 masyarakat sudah tidak asing lagi dengan limbah ini. Masker, alat test swab bekas, dan jarum suntik bekas vaksinasi adalah beberapa contoh yang sering ditemui. Untuk menjaga kesehatan dan lingkungan, limbah harus dikelola dengan baik. Jika tidak, bahaya akan muncul dan menimbulkan penyakit jika terpapar manusia. Baca Juga : Limbah Medis dan Pengelolaannya

Limbah Medis - Wastec International
Limbah Medis – Wastec International

Kandungan Limbah Medis

Menurut WHO, Limbah medis mengandung zat berbahaya dan dapat membahayakan seperti

Patogen

Virus dan bakteri merupakan patogen yang biasanya terdapat dalam limbah ini. Hal yang paling umum terjadi jika terpapar patogen adalah infeksi saluran pernapasan, tubercolosis, pneumonia, dan covid-19. Selain itu juga, limbah yang sudah terkontaminasi dengan darah atau cairan tubuh dapat meningkatkan resiko penyakit hepatitis, A, B, atau C hingga HIV/AIDS.

Bahan Kimia Berbahaya

Limbah ini bisa mengandung bahan kimia yang berbahaya. Bahan kimia ini bisa menimbulkan resiko penyakit kulit dan juga pernapasan.

Mengandung Zat Genotoksik

Zat genotoksik bisa meningkatkan senyawa mutagenik dalam tubuh manusia. DNA manusia bisa mengalami mutasi genetik sehingga bisa memicu kanker pada sel somatik. Selain itu, saat zat ini mempengaruhi sel sperma dan telur akan berpengaruh pada kerusakan keturunan.

Mengandung Zat Radioaktif

Zat radioaktif yang terpapar manusia bisa menyebabkan efek penyakit jangka panjang seperti penyakit jantung dan kanker. Selain itu juga, sindrom radiasi zat radioaktif akut bisa terjadi seperti kulit terbakar, rambut rontoh, mual, dan pusing.

 

Tentang PT Wastec International

PT Wastec International adalah perusahaan terkemuka di bidang penyedia jasa pengolahan limbah B3 di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2004, PT Wastec International telah memiliki fasilitas pengolahan limbah di Banten, Semarang, dan Tuban. Setiap fasilitas telah dilengkapi teknologi canggih untuk mengolah berbagai jenis limbah B3 dan limbah medis.

PT Wastec International juga mengedepankan layanan sebagai berikut:

  1. Pengelolaan Limbah B3
  2. Pengangkutan Limbah 
  3. Pengolahan Air Limbah Industri
  4. Pengelolaan Limbah Minyak dan Gas 
  5. Pembersihan dan Pemulihan Minyak
  6. Rekayasa Lingkungan 
  7. Layanan Pembersihan Tempat

Kelola limbah secara profesional dengan layanan pengelolaan limbah terintegrasi bersama PT Wastec International.

Picture of Author

Author