Antisipasi Diri saat Terjadi Gempa Bumi

Dengan berbagai risiko yang dapat terjadi, kita perlu bersiap dan mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan ketika menghadapi bencana.

Gempa Bumi – PT Wastec International

Apa yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi?

Ketika gempa bumi terjadi, coba tenangkan diri dan jangan panik. Ikuti beberapa langkah berikut:

  • Jika berada di dalam ruangan

Diam sejenak, jangan panik, dan segera keluar dari bangunan atau rumah.

  • Jika berada di dalam bangunan tinggi

Segera berlindung di bawah meja dan jauhilah jendela, barang-barang yang mudah pecah, lemari, atau pun dinding luar bangunan. Jangan menggunakan lift saat hendak turun keluar bangunan.

  • Jika berada di luar rumah

Berlari ke tempat yang bebas dari bangunan, pepohonan, atau pun dinding.

  • Jika sedang mengendarai kendaraan

Hentikan kendaraan dan tetaplah berada di dalam mobil dan pinggirkan kendaraan ke tempat yang bebas dari pepohonan atau bangunan. Jangan berhenti di atas jembatan atau di bawah jalan layang.

Baca Juga: Perubahan Iklim: Faktor dan Dampaknya

Emergency Bag untuk Dibawa Saat Terjadi Bencana Gempa Bumi

Emergency bag adalah tas yang berisikan barang-barang penting jika terjadi segala sesuatu yang tidak diinginkan, seperti bencana alam. Lalu apa saja kah isi dari emergency bag?

  1. Obat-obatan

Obat-obatan menjadi barang wajib yang harus ada di dalam emergency bag, mulai dari obat-obatan pribadi sampai obat yang general. Siapkan dan letakkan di dalam satu wadah yang sama.

  1. Perlengkapan mandi

Pada website British Columbia, menyarankan untuk mempersiapkan peralatan mandi pribadi. Pertimbangkan untuk menyiapkan perlengkapan mandi pada wadah yang travel size, sehingga lebih mudah untuk dibawa dan tidak memakan tempat lebih banyak.

  1. Pakaian

Siapkan beberapa pakaian, kemudian lipat pakaian dan simpan di satu tempat yang sama agar memudahkan. Selain pakaian, perlu dipertimbangkan untuk menyiapkan softlens atau kacamata cadangan di dalam emergency bag.

  1. Senter dan Pluit

Senter dan pluit tampaknya sederhana, namun dua barang ini memiliki fungsi yang cukup membantu. Senter dan pluit digunakan untuk memberikan sinyal pertolongan kepada tim evakuasi, selain itu membantu memberikan penerangan jika saat terjadi bencana, aliran listrik dimatikan.

  1. Pengisi daya

Pengisi daya seperti power bank juga perlu disiapkan di dalam emergency bag. Kemudian pastikan pengisi daya, senter, lampu juga sudah dalam kondisi daya penuh.

  1. Air dan makanan

Air adalah kebutuhan penting yang juga perlu disiapkan di dalam emergency bag. Siapkan air setidaknta cukup untuk digunakkan beberapa hari. Kemudian juga siapkan makanan ringan yang tidak mudah busuk dan dapat bertahan lama.

Emergency bag harus diletakkan di tempat yang mudah dijangkau dan dicek berkala isi-isi di dalam tas tersebut, apakah masih aman untuk digunakan atau sudah kadaluwarsa.

 

Tentang PT Wastec International

PT Wastec International adalah perusahaan terkemuka di bidang penyedia jasa pengolahan limbah B3 di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2004, PT Wastec International telah memiliki fasilitas pengolahan limbah di Banten, Semarang, dan Tuban. Setiap fasilitas telah dilengkapi teknologi canggih untuk mengolah berbagai jenis limbah B3 dan limbah medis.

PT Wastec International juga mengedepankan layanan sebagai berikut:

  1. Pengelolaan Limbah B3
  2. Pengangkutan Limbah 
  3. Pengolahan Air Limbah Industri
  4. Pengelolaan Limbah Minyak dan Gas 
  5. Pembersihan dan Pemulihan Minyak
  6. Rekayasa Lingkungan 
  7. Layanan Pembersihan Tempat

Kelola limbah secara profesional dengan layanan pengelolaan limbah terintegrasi bersama PT Wastec International.

Picture of Author

Author