limbah kertas

Ciri Limbah Kertas Beserta Contohnya

Limbah Keras - Wastec International

Ciri dan Contoh Limbah Keras Organik

Limbah keras organik merupakan limbah yang kandungannya berasal dari bahan yang kuat, solid, dan bentuknya sulit untuk diubah. Biasanya berasal dari alam meliputi lautan, daratan, ataupun sisa hasil dari olahan industri. Beberapa contoh adalah cangkang kerang, sisik ikan, tulang hewan, tempurung kelapa, kertas, kain, dan sisa potongan kayu.

Jika dilihat dari karakteristiknya organik dapat diuraikan oleh mikroorganisme dengan cepat tergantung dari tingkat kekerasan dan ukuran limbahnya. Contohnya seperti kertas dapat terurai dalam waktu 10 – 30 hari, kain katun dapat terurai dalam waktu 5 tahun, kayu membutuhkan waktu 10 – 15 tahun, dan wol dapat terurai dalam 1 tahun.

Bahan-bahan yang berasal dari organik bisa dimanfaatkan kembali menjadi produk kerajinan. Namun saat proses pembuatan kerajinan dari bahan organik diperlukan peralatan yang cukup kuat supaya bisa diolah. kerajinan yang dihasilkan memiliki daya tahan yang kuat hingga bertahun-tahun. Kualitas produk yang dihasilkan juga tidak berubah jika dirawat dengan baik. Baca Juga : Pencemaran Tanah Oleh Limbah B3

Ciri dan Contoh Limbah Keras Anorganik

Limbah keras anorganik merupakan limbah yang kandungannya berasal dari bahan kuat dan tidak dapat dimusnahkan dengan alat biasa. Limbah keras anorganik dapat dimusnahkan dengan metode teknologi seperti pemanasan, pembakaran, dan penghancuran.

Anorganik sangat sulit untuk diuraikan oleh mikroorganisme. Contohnya seperti limbah yang berbahan logam yang membutuhkan waktu 100 – 500 tahun untuk terurai. Sedangkan plastik membutuhkan waktu seribu hingga satu juta tahun untuk terurai. Bahkan limbah yang berbahan kaca bisa hingga jutaan tahun bertahan sebelum terurai.

Industri pabrik sering menghasilkan limbah anorganik seperti pelat logam, pecahan keramik, pecahan kaca, botol plastik, dan kaleng. Berbagai macam kerajinan juga bisa dimanfaatkan dari limbah pabrik. Pemanfaatan untuk menjadi kerajinan ini juga merupakan prinsip penggunaan ulang (reuse) dan daur ulang (recycle).

Tentang PT Wastec International

PT Wastec International adalah perusahaan terkemuka di bidang penyedia jasa pengolahan limbah B3 di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2004, PT Wastec International telah memiliki fasilitas pengolahan limbah di Banten, Semarang, dan Tuban. Setiap fasilitas telah dilengkapi teknologi canggih untuk mengolah berbagai jenis limbah B3 dan limbah medis. PT Wastec International juga mengedepankan layanan sebagai berikut:

  1. Pengelolaan Limbah B3
  2. Pengangkutan Limbah 
  3. Pengolahan Air Limbah Industri
  4. Pengelolaan Limbah Minyak dan Gas 
  5. Pembersihan dan Pemulihan Minyak
  6. Rekayasa Lingkungan 
  7. Layanan Pembersihan Tempat

Kelola limbah secara profesional dengan layanan pengelolaan limbah terintegrasi bersama PT Wastec International.

Picture of Author

Author