Kualitas Udara Swiss yang Bersih

Kualitas Udara Swiss

Udara yang bersih merupakan salah satu hak manusia. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, pencemaran mulai banyak terjadi di berbagai negara. Namun faktanya, ada beberapa negara yang tetap memiliki kualitas udara yang baik di samping berbagai kegiatan industri yang dijalankan. Salah satunya adalah Swiss.  Sudah bukan hal asing lagi mendengar kualitas udara Swiss menjadi salah satu yang terbersih di dunia. Bagaimana sistem dan implementasinya? Baca Juga: Pentingnya Green Hospital
kualitas udara swiss

Kebijakan dan Implementasi

Swiss memiliki kebijakan yang ketat terkait emisi polutan udara. Selain itu, Swiss juga memiliki sistem pengelolaan limbah yang sangat baik. Pemerintah Swiss telah mengakui perlunya mengatasi konsumsi plastik dan dampak lingkungannya. Penerapan yang dilakukan meliputi langkah mengurangi sampah plastik dan mempromosikan praktik berkelanjutan. Sebagai bagian dari strategi ini, dengan bertujuan untuk mengurangi sampah plastik, meningkatkan tingkat daur ulang, dan mempromosikan penggunaan alternatif ramah lingkungan. Namun, meskipun pengakuan ini, Swiss tetap tidak berniat untuk melarang plastik sekali pakai, berbeda dengan Uni Eropa yang melarang sedotan plastik, peralatan makan sekali pakai, dan plastik disposable lainnya. Baca juga: Pengertian dan Jenis Polusi Udara

Pengelolaan Sampah dan Kualitas Udara Swiss

Swiss terkenal dengan sistem daur ulang dan pengelolaan sampahnya yang efisien. Dengan tingkat daur ulang yang tinggi sebesar hampir 90%, botol PET dan kaleng aluminium didaur ulang. Selain itu, warga Swiss juga rajin dan disiplin memilah dan memisahkan sampah dan material daur ulang dengan benar, sehingga mereka juga dapat secara kolektif berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih dan sehat. Swiss juga memiliki pabrik pembakaran sampah yang menghasilkan energi dari sampah yang tidak dapat didaur ulang, lebih lanjut mengurangi dampak lingkungan plastik.

Kesadaran dan Corporate Responsibility

Kesadaran konsumen tentang dampak lingkungan plastik semakin meningkat di Swiss. Banyak orang yang semakin memilih produk dengan kemasan minimal, dan barang yang dapat digunakan ulang, serta alternatif ramah lingkungan. Bukan hanya individu, perusahaan juga mulai bertanggung jawab dengan menawarkan opsi yang lebih berkelanjutan dan mengurangi penggunaan plastik dalam operasional mereka. Sehingga segala kebijakan yang dibuat dapat dijalankan dan didukung penuh oleh seluruh elemen masyarakatnya dan membuat kualitas udara Swiss menjadi yang terbersih.

Kelola Limbah B3 Secara Profesional Bersama Wastec International 

PT Wastec International melayani pengelolaan limbah B3 dari berbagai industri dan menyediakan jasa pengangkutan, pengumpulan, sampai dengan pengolahan untuk berbagai limbah B3 medis dan industri mulai dari fase solid, liquid, dan sludge.  Berpengalaman selama 20 tahun dalam bidang jasa pengelolaan limbah B3 di Indonesia dan telah melayani ribuan perusahaan multinasional, korporasi, pemerintahan, hingga layanan kesehatan. Didukung dengan fasilitas pengolahan limbah yang lengkap dan tenaga ahli yang berkompeten, PT Wastec International membantu mewujudkan Indonesia yang asri dan sehat.
Picture of Author

Author